Kamis, 01 Mei 2014

Backpacking Super Duper Gila Semarang – Baluran (+ Kawah Ijen)




“Bar,Akbar... sumpah itu pengalaman yang gabisa gw lupain seumur hidup... kalo lu gimana?”
Akbar, “anjriit men.. apalagi gw, mau meninggal gw waktu itu...”

Part 1: Awal Mula Semuanya Terjadi

Setelah trip nekat naik gunung Cuma modal badan doang tanpa perlengkapan(jangan ditiru), Gw dan sobat ekstrimis-survival-backpacking gw si Akbar kembali pengin nyari tantangan. (lagi merasa sombong-sombongnya waktu itu)
Berawal dari keinginan nyari tantangan lebih untuk backpacking selanjutnya, gw ngajak Akbar buat backpacking  ke Bali. Waktu lagi ngobrol-ngobrol ngomongin trip kita, ada seorang kakak angkatan di kampus kita ikut nimbrung.. “Legenda Backpacker Akuntansi Undip, Bang Johan..” hahaha
Dia cerita tentang pengalaman dia menjelajah beberapa Taman Nasional di Jawa. Dari Ujung Kulon, Baluran, Alas Purwo sampe Merubetiri. Dan dia sarankan kami,untuk nyoba salahsatunya. Gw pun tertarik bgt ama Baluran. Kebetulan gw udah daridulu banget pengin kesana.
Yaudah lah diputuskan oleh kami untuk backpackeran dari Semarang menuju Taman Nasional Baluran!!!

Part 2: Keberangkatan

Tanggal yang kami tetapkan adalah 22 Desember 2013. Dua hari sebelum keberangkatan gw persiapkan semua kebutuhan sama si Akbar. Mulai dari makanan,perlengkapan sampai transportasi.
Hari itu kami pun berburu tiket KA Sri Tanjung menuju Jawa Timur,yang niatnya kami akan naik dari Yogyakarta .
Yang ternyata tiket KA yang tadinya setau gw Cuma sekitar Rp 50.000an ternyata naik jadi Rp 75.000 saat itu. Dan yang bikin ngakak nih Cuma karena beda duit Rp 25 Ribu, kita batalkan naik kereta.. Kita putuskan untuk naik motor ke Baluran+Kwah Ijen. Naik MOTOR!! Hahahaha
Gw, “serius nih bar naik motor aja kita?? 600an km lebih looh...”
Akbar, “Iya seriusan. Ayok lah nekat aja..”
Gw, “Lu punya peta Jawa Timur ga?”
Akbar, “Kaga punya gw,udah print dari google aja sih..”
Gw, “Oke dah.. terus ngapain kita berangkat tgl 22? Kan ga jadi naik kereta.. Berangkat ntar malem
                aja gimana?”
Akbar, “ayok aja sih gw.. kita siapin segala macamnya sekarang.”
Perlengkapan yang kami bawa:
-          Baju dan Celana+sempak 2 stel
-          Jaket dan Sarung
-          Tas Ransel
-          Air minum
-          Piring,sendok dan alat makan
-          Panci kecil
-          Minyak goreng,tepung terigu,telur 5 biji.
-          Spirtus
-          Rokok satu kaleng


jadi, kaleng rokok ini nantinya kita isi spirtus dan diatasnya kita bisa memasak



Oke sepakat kami berangkat pukul 2 dinihari tgl 21 Desember 2013. Gw pun balik ke kost,dan istirahat. Pas gw bangun ternyata udah jam 1 pagi. Langsung buru-buru cabut menuju kost Akbar. Dan alhasil gw lupa ngeprint peta, karena udah dinihari,ga ada tempat ngeprint yg buka, jadilah kita gambar sendiri itu peta dari Jawa Tengah menuju Jawa Timur.




Oke, setelah beres-beres dan persiapan serta berdoa.. kami niatkan untuk Backpacker Semarang ke Baluran!!
Naik Motor!! Jam setengah 3 pagi kami berangkat dari Semarang menuju Jogja terlebih dahulu.. Kenapa ke Jogja dulu? Karena Akbar mau pinjem kamera dari temennya. Dan nasib,emang udah nasiiib... ternyata temen Akbar yg akan kita pinjam kameranya susah dihubungi begitu kita sampai Jogja.
Yaaah masa kita backpackeran jauh-jauh ngandelin kamera hp sih??? Gapapa, perjalanan ga jadi gagal hanya karena dokumentasi ga maksimal!!

Part 3: Perjalanan Hari Pertama

Akhirnya kita dari Jogja sampe juga di Solo jam 8 pagi, ada kejadian kurang enak karena sampe Solo,ban motor kami pecah.
Akhirnya setelah ditambal, lanjut lagi.. Namun,lagi-lagi ban motor pecah di Sragen. Akhirnya harus ganti ban luar yang emang udah tipis, biar ga bocor berkali-kali.

Dari sragen kita jalan terus menerus sampe akhirnya kita berhenti untuk makan di Jombang jam 5 sore. Yap, makan untuk pertama kalinya. (kita sepakat dalam backpackeran kali ini untuk menekan biaya,makan Cuma 1 kali sehari). Hehehe
Entah berapa jam juga kita kehujanan di jalan.. pokoknya selalu siap sedia mantel, karena cuaca pada saat itu emang ga menentu.


Abis maghrib kami lanjutkan lagi perjalanan ke Mojokerto – Bangil –Pasuruan. Sepanjang jalan hujan men! Epic banget lah menerjang hujan malam hari antar kota demi Baluran. Hehe
Lagi-lagi ban motor kami bocor lagi di Pasuruan. Ampuun dah itu posisi udah malem, kami nuntun motor lumayan lama karena ga ada tukang tambal ban.

Probolinggo, setelah nambal ban di Pasuruan kami lanjut ke Probolinggo. Masih apes lagi,karena kembali kami diguyur hujan.
Ada cerita lucu nih, waktu di Kota Probolinggo, gw posisi sebagai driver. Nah tau-tau gw sadar dan kaget karena ditepuk-tepuk keras sama Akbar dan dia sambil marah-marah. Ternyata oh ternyata... gw ketiduran sodara-sodara! Dan parahnya gw nyetir sambil tidur dan itu nerobos lampu merah!!!
Akhirnya Akbar gantiin gw, baru ada setengah jam jalan,tiba-tiba motor kami jatuh.. dan ternyata oh ternyata... Akbar juga ketiduran  -_-
Dan footstep kaki kiri bagian persneling patah.. yup,patah!
Akhirnya kita putuskan untuk istirahat dan tidur depan emperan toko sampe pagi malam itu

Part 4: Perjalanan Hari Kedua 22 Desember 2013

Bangun pagi-pagi jam 6, masih hujan.. kami lanjutkan perjalanan sambil nyari bengkel las buat masang kembali footstep yg patah. Dan bayangkan, kami baru dapet bengkel las di sekitar daerah PLTU Payton.
Ampun dah kaki gw pegel banget ga nginjek footstep -_-

Masuk daerah Situbondo ternyata ada jembatan putus dan ada antrean Truk panjang banget. Kita harus lewat jalur akternatif. Lewat jalan rusak parah kayak sawah dan muterin desa-desa lama banget, namun semua terbayar.. jalan di daerah Situbondo ini keren banget, dikiri ada laut dikanan ada hutan.

Akhirnya pada pukul 16.30 sore kita sampai juga di Gerbang batangan Taman Nasional Baluran.
Terbayar sudah semua lelah dan perjuangan kita.
Tapi ternyata kami udah ga diijinkan masuk TN.Baluran karena maksimal masuk itu jam 4 sore, maka kami menginaplah di homestay milik warga ga jauh dari gerbang Baluran.
Setelah makan malam dan istirahat, kami minta dibangunkan jam 5 pagi besok, karena rencana kita mau menjelajah Taman Nasional Baluran dari pagi hari.






Part 5: Taman Nasional Baluran 23 Desember 2013

Jam 5 pagi kami mulai menjelajah Taman Nasional Baluran.. sumpaaah meeen!!! Keren banget pagi hari disana.. tenang,udaranya seger banget,kanan kiri pepohonan,banyak suara burung menyambut sunrise..
Sebelum masuk kita,foto dulu di landmarknya Baluran..”Welcome to Baluran, Complete Your Adventure”
Di deket gerbang baluran ada museum juga, menyimpan hewan-hewan yang telah diawetkan yang khas ada di Baluran.






Jalan kaki dari gerbang baluran menuju savana bekol sebenernya ada untung ruginya sih.. ruginya dulu nih yaa.. rugi waktu jelas.. 12 km bro!! Rugi tenaga juga.
Tapi itu bisa jadi keuntungan juga, bagi yang bener-bener nyari pengalaman dekat dengan alam, lu jalan dari gerbang batangan sampe ke bekol bakal puassss bangeeet!!!
Lu juga bisa main-main ke dalam evergreen forest disepanjang jalan menuju savana bekol.
Mantep deh ketemu banyak banget hewan-hewan ada ayam hutan,burung-burung dengan warna bagus,monyet,tupai sampai kupu-kupu yang jumlahnya banyak banget.. itu untungnya kalo jalan kaki,walau cape tapi puas lah menikmati Balurannya.



kupu-kupu banyak banget



 ada ayam hutan coy! nangkring diatas dahan pohon
 beberapa kali ngelewatin sungai

beginilah kalo laper, bakar spirtus di kaleng,diatasnya buat masak telor + tepung. hehehe




Sebelum tengah hari kayaknya kita udah sampai di savana bekol.. luar biasa banget ciptaan Tuhan bro... Savana yang hijau dengan latar gunung baluran membentang luas sepanjang mata memandang..






ini adalah view dari atas menara pandang yang
ada di sekitar savana Bekol.
asik banget dah istirahat disitu sambil menikmati pemandangan luas Savana Bekol dari atas menara.
sejuk kena angin sepoi-sepoi. hehehe



Dari Savana bekol kita jalan kaki kembali menuju pantai Bama yang letaknya masih 3 km lagi dari bekol. Oke, walau kaki udah cape banget tapi masih semangat!
Awalnya kami sedikit kecewa saat perjalanan menuju pantai Bama kami ga melihat gerombolan rusa atau banteng seperti yang kami bayangkan.
Sampai di pantai Bama istirahat dulu.. gila cape banget jalan hampir 15 kilometer.
Ga lama, di pantai kita langsung balik lagi buat keluar dari Baluran..





ada mangrove trail nya juga di pantai bama



Pas diperjalanan balik, mulai gerimis dan angin rada kenceng dikit karena mau ujan.. sumpah epic banget sejuk bener lagi gerimis ditambah angin kenceng ditambah pemandangan kiri kanan di savana pohon-pohon palem yang mulai menguning berhoyang kencang tertiup angin..
Pas sampai di bekol lagi, kali ini kami beruntung banget,depan kami persis segerombolan rusa mungkin ada puluhan atau ada seratusan menyebrangi savana di depan kita persis. Oh...holy bloody shit!! Itu perasaan terhebat sepanjang hidup gw.. langsung aja gw ikut kejar-kejaran ama gerombolan Rusa itu...



sampai jumpa lagi Baluran, suatu saat gw janji bakal kesana lagi, coba di musim kemarau,katanya lebih berwarna Savananya.. dan juga lebih banyak hewan-hewannya juga.




Sampe lagi di gerbang batangan pukul 17.00 luarbiasa capeknya... jalan hampir 30km sehari.. namun, suatu pengalaman yang tak akan terlupakan..

Biaya Semarang – Baluran:
Perlengkapan+Makan Minum                    Rp 50.000
Bensin                                                       Rp 100.000
Masuk Baluran                                          Rp 5.000(lupa, kayaknya sih 5ribu)
Homestay                                                  Rp 30.000
Ganti Ban dan Bengkel                               Rp 150.000

TOTAL                                                     Rp 335.000 atau sekitar Rp 170.000 per orang



Perjalanan backpacker selanjutnya masih dihari yang sama kita langsung menuju Kawah Ijen.. tunggu aja cerita selanjutnya... Lebih epic dan menantang!!

14 komentar:

  1. pengen banget bisa nekaaat kaya kakak gitu. akhir bulan ini harus bisa ke sana pokoknya :D

    BalasHapus
  2. harus banyak anak muda indonesia yg berani nekat!!! terutama buat backpacking eksplorasi alam indonesia..hahaha
    wah hebat lah..kalo udah sampe Baluran jangan lupa nulis ceritanya. aku selalu penasaran bagaimanakah perasaan+pengalaman+cerita orang2 lain yg telah sampai di Baluran. hahaha

    BalasHapus
  3. Waah, ceritanya bikin penasaran banget. Jadi pengen nyobain kayak abang, jadi backpacker nekat :D Minggu pertama kuliah bolos boleh kali ya cuma buat ngobatin penasaran sama yang namanya "Afrika versi Indonesia" ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah..masa minggu pertama kuliah bolos sih? minggu terakhir dong...hahahaha
      ketemu bapak tukang ojek di dalem baluran sih katanya kalo ke Baluran bagusnya bulan september. kuning savananya.. pas banget tuh bulan ini..
      ayok buruan ke Baluran, kalo udah kesana jangan lupa sharing pengalamannya. hehe

      Hapus
  4. Wah keren . Jadi pengen kesana. Tapi pakai motor pribadi masuk sampai bama apa boleh gan? Apa harus sewa motor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh kok gan.. bisa sampe Bama. tukang ojek aja ada.. masa motor ga boleh masuk. tapi kalo ga salah kendaraan pribadi yg masuk Baluran kena biaya berapa gitu..lupa. 5ribu kayaknya.

      Hapus
  5. Kereeenn... Kebetulan Januari ntar mau backpack ke Bali pake motor dari Jogja. Niatnya sekalian eksplor Jawa Timur. Boleh nih nanti mampir ke sana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lebih ngeri lagi nih Jogja - Bali.. mantaaap!
      harus mampir Baluran.. kelewatan kok kalo mau ke Bali.

      Hapus
  6. salut! :D
    *thanks ya, saya lagi cari info backpacker ke banyuwangi*

    BalasHapus
  7. EPIC banget ceritanyaa jadi pengen kesana...
    Mau tanya dong...kalo jalan kaki aman gak dari binatang buas ?

    BalasHapus
  8. Btw kak kalo sewa mtr daerah situ bisa gak ? Dan aman gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sewa motor di Baluran bisa kok.. bilang aja ke petugas di depan pas di gerbang masuk, mereka baik-baik.
      Aman...

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus