Sabtu, 14 Maret 2015

PURWOKERTO TIADA HABISNYA (Bagian 2) : BUKIT CENDANA YANG TERSEMBUNYI, LIAR DAN MENAWAN








BUKIT CENDANA , 28 FEBRUARI 2015
…………
Gw:        “Gimana kalo jam 5 pagi aja sekalian Dim.. sekalian nyari sunrise di Bukit Cendana”
Dimas: “Wah aku sih oke-oke aja, tapi apa jam 5 pagi kita udah bangun Mbel? Hehehe ”
                “Oke besok jam 5 pagi langsung aja ke rumah gw Mbel..”
………….
Yes, trip kali ini bermula tatkala gw dan Dimas sedang ngopi-ngopi menikmati liburan kuliah semester yang mungkin akan jadi semster terakhir kita berdua. Saat itu terpikir disisa libur yang singkat ini, kami mau menikmatinya dimana lagi..?? Dimas menyarankan ke Bukit Cendana, bukit dengan kondisi hutannya yang konon kata Dimas masih mantep banget.
Dimas:  “Tapi gw terakhir kesana SMP sih, diajak hiking rame-rame sama Pak Guru, tau deh masih inget jalannya apa nggak, semoga ngga nyasar”

Nah loh.. gw kalo denger kalimat tanpa kejelasan gitu jadi inget mantan gebetan.hahaha bercanda.. denger kalimat ga jelas tentang suatu destinasi gitu malah bikin gw semangat dan tertarik. hehe

Gw:        “Oke tenang aja Dim, besok jam 5 pagi gw udah ganteng siap bertamu ke rumah mu”
………………

Esok Paginya….
 Pada kenyataannya….. Gw emang bangun jam 5 pagi, tapi setelah sholat subuh gw lupa harus ke rumah Dimas, dan tidur lagi. Jam 8 pagi baru bangun dan ngecheck hp ternyata Dimas udah nanyain dari pagi tadi. Hahaha akhirnya bikin kopi, bawa sarung, bawa mie instant, bawa air minum dan panci kecil masukin semuanya ke dalam tas, dan gw langsung cabut menuju rumah Dimas.

Sampe di rumah Dimas.. Bapaknya Dimas, “Waduuh Dit, katanya jam 5, tadi Dimas minta dibangunin jam 5 udah tek bangunin tuh.hahaha”
Dimas:  “Waah Gembel.. udah gw tungguin ayo langsung cabut aja dah siang”
Dan yang lucu ditengah perjalanan kami baru inget kami bawa kopi, bawa mie instant rencana buat sarapan di hutan nanti, bawa panci juga, tapi ada yang terlupa kami ga bawa yang buat manasin air. Hahaha jadilah kami mencari kaleng bekas susu cair lalu kami membeli spirtus, niatnya nanti mau kita bikin kompor sederhana. Hehehe


Bukit Cendana itu letaknya ada di Kalipagu, daerah Baturraden. Kalo kalian menuju Lokawisata Baturraden, sebelum terminal Baturraden kalian belok kiri ke arah wisata Curug Gede, ngikutin terus jalan menuju Curug Gede, lalu kalo udah nemuin Curug Gede, ada belokan yang jalannya menanjak,ambil jalan itu ikutin aja sampe mentok di pos Kalipagu. Nah dari pos Kalipagu ini kalian bisa menitipkan motor terus mulai hiking jalan kaki sampe ke Bukit Cendana.

Ini sawah di kaki Bukit Cendana

Jalan Desa di Kalipagu, awal-awal kita melewati jalan desa terlebih dahulu



Kalo kalian membayangkan Bukit Cendana ini seperti Bukit Poh, salah besar bro. Ini lebih seperti gunung kecil. Track nya nanjak lewat hutan-hutan gitu persis kayak naik gunung. Masyarakat sekitar aja beberapa menyebutnya Gunung Cendana. Awal-awal tracking, kita akan disambut pipa-pipa besar saluran air milik PLTA.  



Lalu setelah kita jalan beberapa saat, bingung juga nih lewatnya mana (Dimas ternyata lupa track menuju Bukit Cendana) dari tadi ngalor-ngidul muterin sawah nyari jalan, akhirnya kami bertenu dengan seorang kakek petani. Rupa kakek itu sangat bersahaja, duduk disebuah gubuk ditengah sawah dengan kepalanya yang hampir plontos tanpa rambut dan memakai headband dari anyaman bambu. Kami menyebutnya ‘Si Bijak Lestari dari Kalipagu’ hahaha
Si Bijak Lestari dari Kalipagu: “Dek, arep maring ngendi? (Dik, mau kemana?)”
Dimas    : “Badhe teng Bukit Cenda lewatipun pundi nggih? (ke Bukit Cendana lewatnya mana ya?)”
Si Bijak Lestari dari Kalipagu: “Ooh Gunung Cendana?” Lalu dia menunjukkan jalan pintas ke bukit cendana “
Kami      : “Nggih, maturnuwun pak (oke, terimakasih pak)”
Setelah ditunjukkan jalan ke Bukit Cendana, kami mulai lah perjalanan.. perjalanan dimulai!!!

"Si Bijak Lestari dari Kalipagu"

Ternyata belum…. -_-  kami ternyata salah jalan lagi malah muter-muter lagi di sawah. Dari kejauhan Si Bijak Lestari dari Kalipagu berteriak-teriak memberikan arahan kalo kita salah jalan, dan menyuruh kita mengambil jalan yang satunya. Okelah, kami ngikutin petunjuknya aja.
Di jalan kami sedang foto-foto, eh tiba-tiba kami ngeliat ada seorang mendekat, Subhanalloooh..luar biasa ternyata Kakek yang tadi sampe datengin kita buat memandu kita ke jalan yang benar, karena selama ini kita telah melenceng jauh dari ajarannya. Wkwkw hahaha Luar biasa, Bijak Lestari dari Kalipagu ini nyamperin kitacuma buat nunjukin jalan, padahal kami udah jalan lumayan jauh dari gubuknya.
Si Bijak Lestari dari Kalipagu: “Pokoke dalane sing maring kiwe, teras mawon ngiwe. (pokoknya jalannya yang ke arah kiri, terus aja  ke kiri)”
Setelahnya, kami terus aja jalan ke arah kiri mengikuti petunjuknya. Akhirnya nemu jalan setapak dan kita ikutin terus jalan setapak tersebut. Mulai menanjak terus jalannya yaa 11-12 lah kayak jalur naik gunung.

Gw:        “Dim, bukit cendana nya yang mana?”
(Lalu dimas menunjuk suatu bukit.)
Gw:        “Buseeet yang itu?? Serius?? Wah ini sih lumayan jauh.. itu gunung slamet kaliii”
Setelah beberapa lama berjalan.
Gw:        “Dim,dim, kali ini kayaknya ngga ke kiri deh, itu lumpur bro.. fix itu sungai lumpur ga bisa dilewatin.”
Yes, ada sungai lumpur didepan kita dan gw yakin kalo diinjek minimal kaki kita bakalan terperosok sampe se-paha.
Akhirnya kita motong jalan, ga lewat jalan setapak ataupun jalan yang disarankan, tapi kita lewat tengah-tengah kebun,tengah-tengah semak-semak, terobos aja. Hehehe  Dan akhirnya kita udah mulai masuk ke vegetasi hutan. Yes, hutan yang bener-bener hutan. Ngga seperti jalur naik gunung lagi, tapi lebih kayak Hutan Hujan Tropis ala-ala Kalimantan sana. Rimbun banget bro! dan kerapatan antar pohonnya lumayan. Seakan jarang terjamah seperti bini di rumah. Hahaha



Dimas, mahasiswa tingkat akhir Teknik Industri UGM yang stres dg skripsinya dan beralih menjadi penyadap getah Cendana

Gw:        “seriusan Dim, anak SMP dulu kesini?”
Dimas:  “seriusan!! Seriusan bukan yang ini jalannya dulu.hahaha”
Gw         : “dah ah, gausah sampe puncak bro, tujuan kita kesini kan Cuma pengin refreshing aja, bukan soal tujuan akhirnya. Ayo nyari tempat yang rada enak terus sarapan”

Akhirnya kita nemu tempat datar yang lumayan luas seperti camping ground. Kita beristirahat disitu, pasang hammock. Dari situ kedengeran ada suara air, berarti disekitar situ ada sungai. Akhirnya kita nyari sungai disekitar situ dan menemukannya. Setelah cuci muka dan tangan, rasanya segeerrr bangeeet air gunung langsung.



Setelah itu kami tidur-tiduran di hammock, membuat kompor sederhanan dari kaleng dan spirtus, panasin air lalu menyeduh dan menikmati kopi sambil menghisap nikmatnya tembakau siang hari di alam rimba Bukit Cendana yang tersembunyi ini. Nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan… hahaha




Apa yang bisa kita lakukan di Bukit Cendana? Banyak bro…  kalian yang punya senapan angin bisa berburu burung-burung atau tupai liar disini (menurut warga sekitar disini juga masih ada Rusa) tapi jangan berburu hewan-hewan yang dilindungi bro.. Atau paling bijak sih lebih baik ga usah deh berburu disini. Hehe
Cari inspirasi juga bisa.. liat tuh Dimas nyari inspirasi disini. Karena nyari bahan skripsi di perpus udah mainstream. Wkwkw hahahaha

Sarapan di hutan bro...

Dimas mencoba menembak Siluman Burung Kolibri. hehehe

Karena Mencari Inspirasi Di Perpus Sudah Mainstream


Setelah hari mulai sore, dan puas menikmati Bukit Cendana ini, kami memutuskan pulang, tapi entah ide konyol apa yang merasuki kami, kami tidak melewati jalur yang tadi kami lewati untuk berangkat, kami masuk lagi kedalam hutan ngikutin jalur setapak yang entah itu jalur buatan manusia atau hewan.hahaha

Dan ternyata benar, kami salah jalan bro, tersesat! Didepan kami jalannya semakin mengecil dan wow udah bukan jalan lagi ini sih..udah berupa semak-semak tinggi dan pepohonan yang rapat.
Gw: "Dim, serius lu waktu masih SMP lewat jalan ini?"
Dimas: "seratus persen sih enggak..hahaha  Gimana ini balik aja apa lewat jalan yang tadi kita berangkat?"
Gw: "Buseeet males gilaaa.. udaaah hajaaarr ajaaa!! biar sekalian eksplorasi, siapa tau diperjalanan kita menemukan Batu Giok.hahaha"

Karena udah terlalu jauh masuk ke hutan dan males balik lagi, maka kami memutuskan lanjut teruuusss… Cuma feeling nyari arah mata angin ke timur dan terus jalan aja ke timur biar sampe ke desa terdekat.

Nah Loh... ini udah bukan jalan lagi bro.. ketutup semak-semak
Akhirnya setelah sana-sini menerobos semak-semak, Syukur kami nemu jalan setapak lagi. Dan ngikutin jalan setapak tersebut sampe kembali ke desa terdekat.



Oia di Bukit Cendana yang istimewa ini hutannya masih bener-bener alami, sejuk hijau banget dan banyak sekali sungai-sungai kecil yang kami lewati sepanjang perjalanan.

Pokoknya kondisi disini bener-bener tenang, cocok buat kalian para penikmat sepi. hehehe











Special Thanks to Dimas. orang gila yang telah membawaku tersesat menuju petualangan yang abnorrmal

BONUS: Batu Giok Kalipagu bro.. hahaha 
Purwokerto, Kota eksotis yang menyimpan beragam destinasi wisata alam yang tak terduga. Gw yakin Purwokerto masih banyak menyimpan Surga nya yang belum ter-ekspose.. Kota yang akan selalu menjadi tempatku pulang, tempatku melarikan diri dari hiruk pikuknya hidup..

THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar