Minggu, 29 Maret 2015

GUNUNG SINDORO: PERJALANAN GENERASI ANTI WACANA!!!





Selalu ada saja obrolan atau ide-ide gila kalo lagi chatting sama Dimas.Dari ngobrolin jalan-jalan ke alam liar (paling sering), ngobrolin politik, ngobrolin basket Russell Westbrook-James Harden-LeBron James atau Steph Curry yang bakal jadi MVP, sampe ngobrolin ukhti-ukhti kampus yg jadi idaman Dimas(paling sering kedua).hahahaha Masih ingat waktu itu awal tahun gw mau sebulan lebih melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan gw pengin banget refresh pikiran pengin jalan-jalan sebelum sebulan terjebak di tempat KKN, maka jadilah kita berdua merencanakan untuk naik gunung Sindoro. Tapi ada beberapa problem:
1. Gw lagi ujian tengah semester
2. Minggu depan udah KKN
3. Masa lagi-lagi gw berduaan doang sama Dimas?? Gw ngeri aja coy.. lama-lama cinlok.hahaha

Karena kami hanya menemukan hari yang pas, sama-sama free adalah hari jumat (padahal Senin udah mulai KKN) maka kami putuskan untuk cabut hari jumat.

Dimas  : Gimana Mbel? Weekend berani ngga naik gunung?
Gw      : Yaa gimana ya Dim..Senen gw udah KKN -_-
Dimas  : Halaaah.. naik gunung paling dua hari, balik-balik pas langsung KKN. Gimana nih udah janji kan kita mau melarikan diri ke alam awal tahun ini. Jangan jadi wacana doang nih..
Gw      : Waduuuh… gw juga masih UTS ini.. gimana?
Dimas  : Ayok laah jangan jadi generasi Cuma wacana. Cukup pemerintah doang yg janji-janjinya cuma wacana.
Gw      : Wah.. seriusan nih kita realisasikan? Yaudah deh.. bener juga Dim, kita yang anak muda kalo kebanyakan wacana doang ngga bagus nih sebagai generasi penerus bangsa. *apa hubungannyaaaa -_-
Dimas  : Sabtu berangkat yaa?
Gw      : Jangan sabtu, terlalu mepet KKN, gw belum siap-siap bawa barang buat KKN. Gimana kalo Jumat aja, naik jumat turun sabtu. Minggu gw bisa siap-siap buat KKN, Senin gw langsung KKN. Deal??
Dimas  : Oke, deal..!! Jumat kita ketemu di Pom Bensin Kledung, Temanggung.

Jumat, 9 Januari 2015
Jadi kami janjian ketemu jam 11 siang di Pom Bensin Kledung, rencananya kami akan sholat
Jumat dulu, lalu baru mulai naik gunung selepas sholat jumat. Dimas naik motor dari jogja, gw
naik motor  dari semarang. Start dari Semarang jam 8 pagi ternyata ditengah jalan gw berubah pikiran pengin naik Bus aja biar ga capek. dan akhirnya gw mampir aja ke kost temen, gw titipin motor di kost nya. Setelah nunggu sekitar 15 menit di pinggir jalan, akhirnya gw nemu Bus ekonomi jurusan Semarang – Purwokerto. Bagi yang mau naik gunung Sindoro dari Semarang, bisa naik motor juga lewat Semarang-Ungaran-Ambarawa-Temanggung. Berhenti di Kledung. Nah kalo udah sampe Kledung, ada Pom Bensin Kledung, deket dari situ ada Balai Desa atau Balai pertemuan yang ada Pohonnya besar nah disitulah Pos Pendakian Gunung Sindoro berada.

Kembali lagi ke cerita gw naik Bus Ekonomi, ternyata ini kesalahan juga sih gw naik bus ekonomi saat itu, bayangkan gw naik bus ekonomi dari Semarang jam 9 pagi sampe Kledung yang seharusnya kalo naik motor bisa ditempuh 2 jam, gw naik bus ekonomi hampir 5 jam!! Bener banget, hampir jam 2 siang gw baru ketemu Dimas di meeting point. Salah gw juga nih pas naik bus udah pake jaket gunung yang tebal, eh kebetulan kaca disamping tempat duduk gw ga bisa dibuka..Zonk!!! jadilah panasnya minta ampun..mau lepas jaket udah ngga bisa karena samping gw udah ada orang dan mepet banget sempit banget sampe susah gerak. Yaudah pasrah aja 5 jam kepanasan, itung-itung sauna gratisan.hahaha
Setelah 5 jam perjalanan akhirnyaaaaa ketemu juga dengan Dimas, 


Lalu kami makan siang dan beli perbekalan dan langsung menuju ke Pos Pendakian, setelah registerasi kami siap-siap untuk mulai jalan naik gunung.

Dimas  : Yang mendaki ramai mas?
Petugas: Wah lagi sepi mas, hari ini sama mas nya berdua, total 10 orang doang..

(gw dan dimas reflek saling menatap) buseeet gunung se-gede ini, Cuma ada 10 orang yang mendaki. Yeaaaahhh!!! Kami malah seneng nih, gunung ini sepi, nanti di perjalanan pasti bakalan bener-bener terasa sepi. Asiiik kami kembali menemukan sensasi janggal.hahaha untung aja rencana naik gunung ini benar-benar terlaksana, bukan hanya sekedar jadi wacana. Hidup Generasi Anti Wacana!!! Hehehe

Yang disayangkan dari pendakian ini adalah pos pendakiannya yang terlalu dekat dengan jalan raya bro.. yap, bener-bener pinggir jalan utama Temanggung-Wonosobo, sedangkan Gunung Sindoro nya masih kelihatan jauh dari pos pendakian. Ibarat Gunung Sindoro itu badan manusia, kita bener-bener mendaki dari ujung kuku kakinya..





Awal-awal pendakian harus berjalan berkilo-kilo meter melewati pemukiman warga dan ladang-ladang hingga akhirnya sampe masuk kawasan gerbang hutan atau pos 1. Taksiran gw sih kayaknya ada 2 kilometer lebih.

Seinget gw sih Cuma ada 4 pos di gunung Sindoro.
Pos pendakian – pos 1: pemukiman warga, ladang dan sawah, gerbang hutan
Pos 1- pos 2                 : hutan
Pos 2 – pos 3               : hutan, camping ground
Pos 3 – pos 4               : hutan, hutan lamtoro
Pos 4 – Puncak            : Padang edelweiss, padang savana.

Dari pos 1 ke pos 2 gw bilang jalannya masih lumayan santai, ga terlalu menanjak, hutannya adem banget broo.. pos 2 ke pos 3 jalannya udah mulai lumayan menanjak tapi ga terlalu ekstrim sih. Nah, dari pos 3 ke pos empat ini tracknya udah nanjak ekstrim, apalagi kalo jalan di siang hari panas banget bro, menguras tenaga banget.

Jadi gw dan Dimas jalan dari awal pendakian sampe hari mulai petang (kira-kira magrib), lalu kami break lumayan lama. Saat itu kami break sebelum sampai di pos 3, sholat magrib dulu setelahnya menikmati pemandangan Gunung Sumbing saat petang dari jalur pendakian Gunung Sindoro ini.

Gw      : Dim, selama perjalanan ga ketemu orang sama sekali yaa.. tenang banget disini.
Dimas  : Iya, nih.. lu ngeri ngga sih? Kok kalo dipikir serem juga yaa.. malem-malem jalan di hutan naik gunung berdua doang gini. Hahaha
Gw      : Iya sih, kalo di kost lagi sepi aja kadang-kadang gw boker di WC sendirian ngeri.. sampe ceboknya diluar WC. Hahaha Tapi ngga tau kenapa kadang kalo lagi naik gunung naik malem-malem gw merasa enjoy aja.. seperti hilang rasa cemas dari dalam diri gw.hehe
Dimas  : Nah..itulah magisnya alam liar. Yang penting berdoa aja.. selalu inget Tuhan dimanapun kita berada.
Setelah itu muncul lah perbincangan imajiner kita:
Gw      : kenapa kita harus berdoa?
Dimas  : Tuhan selalu menjawab doa setiap hambanya.
Gw      : doaku tidak diijabah.. kau mungkin salah.
Dimas  : karena bisa jadi tidak dikabukanya doamu bukan berarti Tuhan tidak mendengar.
Gw      : aku tidak paham.
Dimas  : karena Tuhan tau apa yang kau butuhkan. mungkin tidak diijabahnya sebuah doa berarti terkabulnya doa yang lain.
Gw      : mungkin sekarang kau benar.
Dimas : Doa adalah cahaya bagi ketidak-mengeti-an kita. dalam gelap, malaikat pembawa rahmat hanya bisa melihat mereka yang menyalakan cahaya.

Suasana menjelang malam dari jalur pendakian Gunung Sindoro


 SKIP SKIP SKIP

Yap, kadang gw kalau udah ketemu Dimas ya gini nih ga jelas obrolannya. Setelah itu kami kembali lagi melanjutkan perjalanan menuju pos 3. Nah pas perjalanan menuju pos 3 ini ada sedikit insiden, karena kita Cuma bawa senter 1 doang, dan jalannya yg udah lumayan nanjak ekstrim, gw yang kurang hati-hati akhirnya kepentok batu keras banget, pas banget diubun-ubun bro!!! ampun dah rasanya kayak dipukul martil sama begal motor. Hahaha rasa sakitnya bikin kayak langsung ngeblank otak gw kayak mau ga sadar.
Spontan Dimas naymperin gw, “Wuiih kenapa Mbel?”

Gw      : …… (diem dan kesakitan)
Dimas  : woy..woy.. sadar ngga lu? (sambil menyorotkan senter ke jari tangannya) ini berapa Mbel? (menunjukkan jarinya).
Gw      : itu tiga lah.. lu kira gw bego. Lagi sakit banget nih kepala gw..Kepentok batu nih kepala gw..
Dimas  : Yaaah…beneran bego sih ini.. itu tadi dua. Hahaha mana sini gw liat kepalanya.

Setelah dicek Dimas, beneran ternyata kepala gw lecet, berdarah dikit.hahaha
Lanjut jalan lagi ternyata ga lama kita udah sampe ke pos 3 yang lokasinya ini berupa tanah datar lumayan luas kayak camping ground.
Gw sama dimas rencananya sih mau break dan bikin tenda sekitar tengah malem kira-kira di padang edelweiss. Tapi pas lagi jalan diatas pos tiga, kami break dulu untuk makan dan bikin kopi, eh ternyata kami mikir kayaknya enakan bangun tenda disekitar situ, yasudah akhirnya kami ngecamp diatas pos 3.

Dimas  : kayaknya mendingan kita ngecamp disini aja deh, enak nih lokasinya. Besok menjelang subuh kita lanjutin lagi ke puncak.
Gw      : Okedeh, sekalian makan dan bikin kopi yg panas.
Dimas  : Oia nih, gw bawa oleh-oleh kopi dari Pulau Alor. Ground coffee nih.. diambil dari buah kopi yang udah jatuh di tanah bukan dipetik. Kata petani kopi Alor-nya, ini harus diseduh satu sachet buat segelas.
Gw      : Lu ga bawa gula Dim? Pahit dong satu sachet gini buat segelas tanpa gula?
Setelah menyeduh kopi Alor..
Gw      : Busseeeet…Dim.. ini beneran kopi yg jatuh diambil langsung dari tanah, apa ini malah tanahnya yang lu seduh? Buseeet pahit banget bro..

Kami ga terlalu lama menikmati malam yang indah di Gunung Sindoro, langsung masuk ke
dalam tenda dan akhirnya ga lama kemudian kami tertidur.


pemandangan dari tempat kami bikin tenda



Sabtu, 10 Januari 2015

Sekitar pukul 5 pagi gw terbangun, dan gw bangunin Dimas juga, lalu kita memulai berburu
sunrise!! Walopun ngga dari puncak gunung, tapi sunrise di Gunung Sindoro tetap menawan. Karena esensi dari sebuah pendakian gunung bagi gw bukan soal puncaknya, tapi tentang melarikan diri dari rutinitas keseharian yang menjemukan.



Selesai menikmati sunrise lalu kami beres-beres tenda dan melanjutkan perjalanan ke puncak, semangaaat!!! Oia karena terlalu berat bawaan kami dan jalannya menanjak udah lumayan ekstrim, maka kami tinggal ransel gunung kami di sekitar tempat kami bikin tenda, kami tutupin pake rerumputan.hehehe jadi kami ke puncak cuma bawa sebotol air minum besar, mie instan dan rokok.
Setelah pos 3, kami melewati jalur hutan lamtoro yang panjang, yang panasnya terik, yang bikin tenaga dan semangat hampir surut. Satu yang jadi penyemangat di otak gw, gw selalu mikir ”gw yakin, fisik gw sebenarnya mampu. Ayolaaah semangat, ini cuma pkiran kita, mental kita yang udah mulai jatuh, gw bisa..gw bisa!”  kalo Dimas mungkin beda lagi yaa cara menyemangati dirinya, mungkin dia akan mikir: “Ayo semangat, dicampakkan cewe berkali-kali aja gw tabah, masa puncak gunung ini aja gw ga kuat!!” wkwkw hahaha bercandaan Dim..


Setelah melewati hutan lamtoro kita akan disambut dengan padang bunga edelweiss yang terhampar begitu luas.. konon katanya sih itu adalah padang edelweiss yang terluas di pulau Jawa. Hanya sekitar setengah jam dari padang edelweiss kita akan sampai di Puncak Gunung Sindoro. Oia, semenjak di padang edelweiss bau belerang dari kawah sudah mulai tercium. Dan sebelum sampai puncak kita akan melewati savana terlebih dulu.





Akhirnyaaaa sampai lah kami di Puncak Gunung Sindoro..
Ada mitos kalo di puncak Sindoro yang kawahnya masih aktif ini, katanya kalo sudah tengah hari, ga boleh lebih dari 15 menit di Puncak. Tapi gw sama Dimas karena merasa ini cuma mitos, maka foto-foto lah dulu di puncak lumayan lama. Lagian ga ada peringatan tertulis maupun lisan dari petugasnya. Entah laah…


kondisi alam disekitar kawah




Lulus apa Dim? Lulus dari derita Mahasiswa Tua?hahaha

Add caption


Setelah perjuangan yang lumayan. Setelah berkompromi dengan waktu yg singkat, berkompromi dengan rasa sakit, berkompromi dengan rasa lelah… Akhirnya trip ini jadi kenyataan, bukan hanya wacana. Hidup Generasi Anti Wacana!!!

Alam indonesia itu kaya akan surga, percaya saja untuk yang mencari ketenangan, untuk yang kurang piknik, ga perlu jauh-jauh kalian mencarinya. Pantai, hutan, danau, bukit, bahkan gunung-gunung yang paling gw suka, semua tersedia di halaman rumah kalian.. Indonesia negeri Surga!!!




THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar